Cara Buat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Ditebak

by Selasa, Mei 26, 2015 2 komentar
sumber gambar: parade.com

Pemilihan password juga menjadi salah satu hal penting untuk menjaga keamanan dara komputer dan akun penting sosial media. Anda harus rutin mengganti kata sandi akun sosial Anda, jangan sampai orang lain tau kata sandi/password kita, bisa-bisa akun kita sendiri malah dibajak orang hehe.

Meskipun kata sandi sudah disensor dengan simbol " *** " tetapi masih bisa orang lain melihat/bahkan mengetahui kata sandi kita pada saat mengetik, apalagi pas lagi banyak orang ngetiknya, contohnya disekolah, bisa-bisa dibajak orang -_-, kebanyakan orang membuat kata sandi yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.

Kata sandi yang sangat banyak orang pakai adalah "12345" atau bahkan dibalik "54321", kata sandi seperti inilah yang sangat mudah ditebak orang (iya lah masak kodok, hehe). Sebuah password haruslah:
  • minimal terdiri dari 6-8 karakter
  • terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol 
Lalu bagaimana tipsnya membuat Password yang Mudah Diingat Tapi Sulit Ditebak?, Berikut saya kasih mantranya hehe:


Cara pertama
Buat kalimat yang mudah Anda ingat, contohnya "Saya ganteng dan saya bangga titik 2015", ambil huruf pertama dari setiap kata yang saya kasih tanda kutip, jadinya "sgdsbt2" cukup mudah diingat bukan?, masih sulit? nih saya kasih tips lagi yang ke-2

Cara kedua
Anda juga bisa menggeser jari Anda 1 tuts ke sebelah kiri atau kanan dari yang seharusnya. Misalnya kata sandinya "cirebon" menjadi "votrnpm" (jika menggeser 1 tuts keyboard ke kanan), atau "xuewvib" (jika digeser 1 tuts ke kiri).

Cara ketiga
Cara ini agak konyol juga tapi sulit untuk ditebak orang, caranya cukup mengganti huruf vokal menjadi angka. Misalnya passwordnya "cirebon" jika huruf i=1, e=3, o=0, jadinya "c1r3b0n".

Menurut sobat lebih mudah yang mana?, silahkan sobat pilih sendiri yang menurut sobat mudah untuk diingat. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa share dan juga bookmark ya.

Bagi yang mau menambahkan tips nya, silahkan komentar nanti saya update lagi.

Unknown

Developer

Hallo sobat saya Yoga Pratama, admin di TUTORIAL68, terimakasih sudah berkunjung..^^, jika sobat ingin contact saya klik akun sosmed dibawah !!.

2 komentar:

  1. vTerimakasih gan tutorialnya sangat bermanfaat :)
    Ngomong-ngomong ijin copas :3 tenang nanti ane kasih sumber...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan.. makasih udah sempet mampir di blog kecil ini..

      Hapus